SEKILAS INFO
: - Kamis, 17-06-2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Datang Di Website Resmi Pondok Pesantren Miftahul Hilaliyyah

Dialah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta’wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami”. Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal. (Q.S. Al-Imran:7)

Suatu kenyatan yang tidak dapat dipungkiri bahwa lembaga-lembaga pendidikan Islam semakin menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan formal yang diyakini dapat membawa perubahan dalam bersikap, mental dan karakter bangsa ditengah-tengah persaingan global yang cenderung pragmatis dan hedonis.

Beliau adalah KH. Syathori (alm) yang memiliki dedikasi tinggi serta kepedulian besar terhadap kepedulian ummat, melalui pesantrennya Miftahul Ulum Hilaliyah (MTH) diharapkan akan lahir santri-santri yang mampu membimbing di kehidupan masyarakat dengan kehidupan masyarakat yang Islami. Cita-cita tersebut dilanjutkan oleh putra putrinya dengan mempertahankan pesantren MTH yang kemudian dikembangkan dengan didirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum.

Kehadiran MTs Miftahul Ulum dipandang sebagai sebuah keniscayaan yang akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan mental masyarakat yang berorientasi pada penanaman akhlakul karimah dengan penguasaan pengetahuan yang terintegrasi antara ilmu umum dengan ilmu agama sehingga mampu melahirkan generasi ulul albab. Oleh karena itu Yayasan Pon Pes KH. Syathori Durajaya telah membuka program pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai wadah guna melahirkan generasi tersebut.

 

LATAR BELAKANG

Indonesia membutuhkan generasi yang unggul dalam segala bidang, cerdas, kuat imannya, sehat, dan santun dalam berprilaku. Untuk mencetak generasi tersebut merupakan tugas dan tanggungjawab seluruh elemen bangsa, muali dari keluarga, lingkungan, guru/ustadz, dan pemerintah mempunyai beban yang sama. Perhatian dan keseriusan semua komponen akan menentukan keberhasilan.

Upaya untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan konsep pendidikan terpadu yang memenuhi semua kebutuhannya. Akal harus diberikan ilmu yang bermanfaat, hati perlu ditanamkan keimanan yang kokoh, fisiknya perlu diberikan makanan yang bergizi dan dibiasakan olah raga, rasa sosial yang harus ditumbuhkembangkan agar memiliki sikap peduli di masyarakat. Konsep tersebut kiranya ada di Yayasan Pon Pes KH. Syathori Durajaya salah satunya melalui Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum.

Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum, merupakan bagian dari upaya pengembangan program pendidikan di Yayasan Pon Pes KH. Syathori Durajaya. Hal ini sesuai dengan banyaknya permintaan para alumni dan orang tua santri serta dukungan dari masyarakat, maka Yayasan Pon Pes KH. Syathori Durajaya menambah program pendidikan Madrasah Tsanawiyah.

Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren ini yang mengintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu agama Islam merupakan salah satu program yang di prioritaskan di Yayasan Pon Pes KH. Syathori Durajaya. Oleh karenanya harapan besar program ini dapat berkembang dan bisa mengimbangi sekolah-sekolah yang lainnya.

Dengan adanya perpaduan antara ilmu umum dan agama, harapannya mampu melahirkan siswa/i atau santri dengan keilmuan yang luas, dapat menghantarkan siswa/i menjadi generasi ulul albab yang memiliki kedalaman ilmu dan berakhlakul karimah. Oleh karenanya sekolah Madrasah Tsanawiyah dengan konsep ini dilingkungan kami belum ada, sehingga terdorong untuk mendirikannya, guna mengakomodir santri dan masyarakat pada umumnya yang mengharapkan putra/putri menjadi generasi ulul albab dan berakhlakul karimah.