SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selamat Datang Di Website Resmi Pondok Pesantren Miftahul Hilaliyyah

PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM HILALIYAH

Alhamdulillah Pondok pesantren Miftahul Ulum Hilaliyah (MTH) yang sudah berdiri sejak tahun 1961didirikan oleh KH. Syathori yang saat ini diteruskan oleh KH. Hasanudin telah menerima santri dari berbagai daerah, tercatat bahkan dari luar jawa barat-pun ada, akan tetapi secara umum santri yang ada di pesantren masih dalam wilayah kabupaten cirebon. Kegiatan pesantren yang ada di MTH yaitu Madrasah Diniyah, Madrasah Diniyah Takmiliah.

Pesantren MTH menerima santri dari berbagai kalangan, sehingga masyarkat dengan ekonomi menengah kebawah dapat menimba ilmu di MTH dengan berbagai kegiatan pembelajaran pesantren.Kegiatan tersebut dibagi menjadi berbagai kelas dengan kitab yang berbeda disetiap tingkatannya. Kitab/materi yang diajarkan yaitu, Al-qur’an, ilmu tauhid, ilmu sharaf, ilmu nahwu, dan ilmu fiqih dengan metode “sorogan”. Sarana yang dimiliki Pondok Pesantren yakni gedung putri, gedung  putra, masjid putra dan putri, aula pesantren, kamar santri putri 4 (empat) kamar, kamar putra 10 (sepuluh) kamar dengan jumlah santri putri 66, santriputra 85.

Santri MTH tidak dikenakan biaya bulanan kecuali biaya makan yang menjadi tanggung jawab santri itu sendiri.Tiga tahun terakhir sejak 2018 pesantren telahm endirikan sekolah formal Madrasah Tsanawiyah (MTs).  Sekolah formal MTs menjadi sarana fasilitas santri untuk menimba ilmu di sekolah formal.Dengan adanya sekolah formal,maka sarana dan prasarana di pesantren semakin tidak memadai dikarenakan jumlahs antri yang terus bertambah.

Status tanah pesantren saat ini sudah wakaf (akta ikrar wakaf) dan saat ini sedang membutuhkan untuk sarana pendidikan pesantren terlebih dahulu, yang sedang dalam tahap pembangunan sebagaimana gambar dan biaya terlampir. Harapannya mudah-mudahan pesantren Miftahul Ulum Hilaliyah Desa Durajaya mampu menampung masyarakat lebih banyak lagi untuk menimba ilmu Agama danumum.